Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Cara mengatasi aki mobil soak bisa jadi salah satu hal yang sobat pikirkan saat mengalami kerusakan aki. Padahal, seperti sudah kita ketahui bersama bahwa setiap aki mobil memiliki umur dan masa pakai dalam kurun waktu tertentu. Artinya, ada masanya memang aki mobil menjadi soak dan harus diganti dengan yang baru.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah masalah yang menyebabkan aki mobil soak. Pasalnya, penyebab aki mobil soak ini bisa beragam. Mulai dari sistem pemakaian aki dengan cara yang salah, perawatan yang kurang tepat, hingga kerusakan alami akibat masa pakai aki yang sudah waktunya diganti.

Ya, pilihan terbaik ketika aki mobil soak adalah menggantinya dengan aki yang baru. Langkah tersebut perlu sobat lakukan apabila mobil sobat menggunakan aki kering. Namun, jika menggunakan aki basah, sobat masih memiliki pilihan lain sebagai cara mengatasi aki mobil yang soak. Baca selengkapnya tentang beda aki kering dan basah.

cara mengatasi aki mobil soak

Dari pengalaman yang Akimo pernah lakukan, cara ini bisa memperpanjang umur penggunaan aki mobil hingga satu bulan lamanya, ya setidaknya bisa menunggu hingga gajian tiba agar bisa membeli aki baru yang lebih baik lagi kualitasnya.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa tingkat keberhasilan dari cara mengatasi aki mobil soak ini juga tidak sepenuhnya sukses. Sangat tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi pada aki mobil sobat. Lantas bagaimana caranya, simak cara mengatasi aki mobil soak dibawah ini:


Siapkan bahan yang diperlukan


Sebelum sobat memulai cara mengatasi aki mobil yang soak agar bisa pulih dan dapat digunakan kembali, sobat harus mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan perbaikan aki mobil yang soak tersebut. Berikut alat dan bahannya
  • Air aki demineral (botol biru)
  • Air aki Zuur (botol merah)
  • Tang (plier), obeng.

Air aki demineral (botol biru) digunakan untuk menguras dan membersihkan bagian dalam sel aki, air aki zuur (botol merah) digunakan saat terakhir setelah pengurasan dan pembersihan. Baca selengkapnya tentang beda air aki botol biru dengan botol merah.  Sedangkan tang dan obeng digunakan untuk membuka tutup aki jika keras saat diputar. Perhatikan langkah-langkahnya dibawah berikut.


Langkah dan cara mengatasi aki mobil soak


Berikut langkah-langkah yang perlu sobat lakukan untuk mengatasi aki mobil soak:
  1. Sediakan aki mobil soak yang akan diperbaiki
  2. Buka tutup akinya lalu buang semua cairan yang ada di dalam aki hingga kosong.
  3. Masukkan Air aki (botol biru) hingga setengah bodi aki kedalam semua sel aki yang ada.
  4. Goyang-goyang dan guncangkan bodi aki untuk membersihkan kotoran serta endapan yang menempel di tiap-tiap sel aki. Lakukan pengulangan 2 sampai 4 kali sehingga air buangan terlihat benar-benar bersih.
  5. Buang dan kuras semua cairan yang ada di dalam aki hingga airnya benar-benar kosong.
  6. Setelah bersih dan kosong, ambil air aki zuur (botol merah), isi hingga berada dibatas upper dan lower level air aki.
  7. Lakukan cas aki minimal tiga jam atau diamkan selama satu hari sebelum menggunakan aki tersebut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan
  • Berhati-hatilah saat menguras cairan, air aki yang ada bisa menimbulkan bau menyengat dan menyebabkan gatal saat terkena tangan (jika terkena langsung siram dengan air bersih)
  • Hindari menggunakan air keran atau air mineral untuk menguras aki, karena kandungan kimianya berbeda dan dapat membuat sel aki semakin rusak.

Nah, itulah langkah-langkah yang pernah Akimo lakukan sebagai cara mengatasi aki mobil soak sehingga bisa digunakan kembali. Namun begitu, saya tidak menjamin bahwa cara ini akan berhasil 100% karena sangat tergantung dari tingkat kerusakan aki, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini dari pada aki yang rusak tadi sobat buang.