Berapa Lama Cas Aki Mobil? Ini cara menghitungnya

Ngecas aki mobil berapa jam? Mungkin inilah pertanyaan yang kerap muncul di benak para sobat Akimo ketika ingin menngecas ulang setrum aki mobilnya.

Lamanya waktu untuk mencas aki mobil ini bisa beragam, karena tergantung dari besaran arus yang dimiliki aki serta bagaimana metode pengisian yang dilakukan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penting untuk menentukan berapa lama cas aki mobil bisa dilakukan.

berapa lama cas aki mobil

Selain itu, kita juga memerlukan tegangan charger aki yang lebih besar dari tegangan listrik pada aki mobil (biasanya tegangan aki mobil adalah sebesar 12Volt). Untuk mengetahui normalnya accu mobil berapa volt secara pasti, sobat bisa membacanya di postingan tentang cara cek aki mobil dengan multimeter.

Tujuan dari menggunakan alat charger aki yang tegangannya lebih besar dari tegangan aki mobil adalah agar terjadi beda potensial antara alat charger aki dengan aki mobil sobat.

Ketika terjadi beda potensial tegangan, maka arus listrik bisa mengalir dari tegangan yang tinggi (alat charger aki) ke tegangan yang rendah (aki mobil yang akan di cas). Oleh karenanya, untuk melakukan pengisian aki mobil ini kita perlu memiliki alat cas aki yang bisa mengeluarkan tegangan charger aki sebesar 13,8V sampai 14 volt.

Dan bagi sobat yang belum mengetahui bagaimana cara cas aki mobil yang benar dan aman, sobat Akimo bisa membacanya pada postingan tentang cara ngecas aki mobil yang benar yang sudah pernah Akimo posting sebelumnya.

Sedangkan untuk melihat besaran arus yang dimiliki aki, sobat bisa langsung melihat ke bodi aki yang sobat miliki, berikut contoh gambar untuk mengetahui besaran arus yang dimiliki sebuah aki mobil

berapa lama cas aki mobil

Pada beberapa merek aki mobil, ada juga yang menggunakan kode-kode angka dan huruf untuk mengetahui besarnya arus yang dimiliki. Seperti contohnya aki mobil dengan kode NS40 yang memiliki kapasitas sebesar 32 Ampere, 34B19L untuk 33 Ampere, NS60 untuk 45Ampere dan lain sebagainya.

Sebagai referensi untuk mengetahui besarnya kapasitas ampere aki mobil, silahkan baca pada postingan tentang arti kode JIS pada aki mobil yang didalam postingan tersebut terdapat tabel lengkap tentang kode aki mobil beserta ukuran kapasitas amperenya.

Setelah sobat mengetahui besarnya arus listrik (ampere) serta tegangan yang dibutuhkan untuk ngecas aki mobil, kini saatnya untuk mengetahui rumus pengisian aki yang sering digunakan untuk menghitung berapa lama cas aki mobil dan metode yang digunakan untuk cas aki tersebut.

Rumus pengisian aki untuk menghitung lamanya cas aki mobil

Lama cas aki (jam) = (Besar kapasitas aki (Ah) : Besar arus Charging (Ah)) + (20% x (Besar kapasitas aki (Ah) : Besar arus Charging (Ah))

Sedangkan dibawah berikut adalah dua metode pengisian cas aki mobil dengan model Slow Charging dan Fast Charging.


1. Slow Charging


Metode pengisian slow charging membutuhkan arus pengisian minimal sebesar 10% dari kapasitas arus yang dimiliki aki mobil sobat.

Jadi, misalnya sobat memiliki aki mobil yang kapasitas arusnya sebesar 80Ah, maka minimal arus yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian dengan metode Slow Charging ini adalah 8A (baca : 8 Ampere). Artinya, sobat harus punya alat cas aki yang bisa mengalirkan arus minimal 8A (lebih tinggi nilai yang dimiliki alat cas sobat maka lebih baik).

Contoh...
Aki mobil sobat memiliki kapasitas 80Ah, maka arus yang dibutuhkan untuk pengisian normal adalah 10% dari 80Ah yaitu 8A. Jadi, batas waktu charge aki mobil yang dibutuhkan untuk mengisi aki dengan metode Slow Charging ini adalah
= (80Ah/8Ah) + ((20/100) x (80Ah/8Ah))
= 10 + (0,2x10)
= 10 + 2
= 12 jam

Dengan begitu, kita bisa mengetahui berapa lama cas aki mobil yang dibutuhkan dengan metode slow charge untuk aki dengan kapasitas 80Ah adalah selama 12 jam.

Untuk cas aki dengan metode slow charging ini, anda masih bisa menggunakan alat cas aki yang kini marak di jual di toko-toko online. Umumnya, mereka masih dapat memenuhi kebutuhan arus yang diperlukan untuk melakukan cas aki dengan metode slow charging.

Selain mudah dalam penggunaannya, harga yang ditawarkan untuk alat-alat cas aki inipun cukup beragam, mulai dari 50 sampai 250 ribuan.
Sponsored : alat cas aki mobil Jangan lupa, harga turut menentukan kualitas alat cas aki tersebut. Pastikan juga untuk memilih alat cas aki yang sesuai dengan batas minimal ampere dengan aki yang anda miliki.

Baca juga :


2. Fast Charging


Jika slow charging menggunakan 10% dari seluruh kapasitas aki maka fast charging berapa ampere? Nah, kalau kita menggunakan metode Fast Charging, maka sobat membutuhkan arus listrik maksimal sebesar 40% dari kapasitas aki yang sobat miliki. Jadi, jika aki mobil sobat sebesar 55Ah, maka sobat butuh alat cas aki yang mampu mengeluarkan arus listrik sebesar 22Ampere yang dihitung dari (40%x55Ah=22A).

Dengan arus sebesar 22A, maka batas waktu charge aki mobil berkapasitas 55Ah ini adalah
= (55Ah/22Ah) + ((20/100) x 2,5)
= 2,5 +(0,2x2,5)
=2,5 + 0,5
= 3 jam

Aki yang memiliki kapasitas sebesar 55Ah membutuhkan setidaknya 3 jam untuk pengisian ulang dengan metode Fast Charging.

Meskipun lebih cepat, sebaiknya sobat menghindari pengisian ulang aki mobil dengan metode fast charging ini karena arus listrik yang besar umumnya mempercepat kerusakan pada aki mobil sobat sendiri seperti mendidihnya air aki hingga munculnya panas yang berlebih saat aki mobil di cas.

Demikianlah artikel tentang berapa lama cas aki mobil ini bisa Akimo sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat-sobat sekalian. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.